Tips Mengeluarkan Karyawan Malah Mendapatkan Terima Kasih Dari Yang Dikeluarkan?



Karyawan yang mulai memberikan efek yang buruk dan merugikan bagi perusahaan harus kita rampingkan, tetapi dengan cara yang keras kepala dan hati yang lembut. Dalam artikel di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut.

Cara saya yang paling parah mengeluarkan karyawan adalah dengan satpam saya. Dia mabuk-mabukan di jam kerja, kemudian dia dibiarkan dan melarikan diri dengan masih menggunakan seragam satpam yang bertuliskan BCA. Dia mabuk – mabukan, bolos kerja, berkelahi di bilyard karena memperebutkan seorang wanita.

Ini adalah cerita nyata, sudah dikenakan peringatan terakhir, ternyata setiap akan di keluarkan HRD-nya tidak pernah berani karena dia mengancam dengan pisau, dan dia berkata ”kamu atau saya yang mati? kamu jangan menghabisi asap dapur saya!” .

Kemudian malamnya rumahnya diteror di lempari batu, tidak ada yang berani mengeluarkan dia. Dalam hal ini gunakan prinsip ”keras kepala hati yang lembut”. Saya dengan karyawan sudah berteman dari awal, dia main tenis meja, saya pun main tenis meja, ketika kejadian di tangkap polisi kemudian di lepas dia kembali, saya memanggil dia dengan baik.

Prinsipnya, kalau mengeluarkan karyawan tidak perlu dibicarakan kembali apa saja kesalahannya, karena hanya akan memicu perkelahian.

Jadi, cara mengeluarkannya adalah saya berbicara sebagai teman yang layaknya mau membantu. Saya katakan bahwa saya mau membantu dia, saya tekankan disitu bahwa posisi saya adalah teman yang mempunyai tugas untuk membantunya.

Saya pastikan dia merasa Win, saya tanyakan mengenai gajinya, keluarganya, saya terkejut karena dia mempunyai dua orang istri dan bagaimana cara mencukupinya, biasanya bila orang bermasalah selalu merasa gajinya tidak cukup, dia tidak pernah bersyukur, tidak bisa mengelola keuangannya.

Kemudian saya tanyakan bagaimana cara mencukupi keluarganya selama ini, dia katakan bahwa dia berjualan burung, dan dia katakan keuntungannya lumayan, sekali berjualan burung bisa untung sekitar Rp. 20.000. Lalu saya katakan kepadanya saya akan memberi dia free coach agar dia berhasil, kalau nasib bapak lebih baik daripada di perusahaan saya atau di BCA, atau di toko buku saya, entah dua tahun, entah 20 tahun kemudian, ataupun entah dua hari, ternyata nasibnya lebih baik dari keputusan saya ini.

Dari hal ini saya meminta sesuatu kepadanya, saya ingin dia datang ke tempat saya untuk mengucapkan terima kasih. Cara mengeluarkan yang aneh bukan?.Saya mengeluarkan dia dan saya minta dia mengucapkan terima kasih. Saya mengetahui latar belakang dia yang sudah di Black List di BCA dan tidak diberikan kenaikan gaji.

Sekali lagi saya tekankan bahwa saya adalah temannya dan tidak mempunyai maksud untuk menyusahkannya, saya juga menginformasikan mengenai aturan Depnaker, yang menyatakan mengenai ketentuan gaji yang harus dia dapatkan, dan saya katakan kepadanya saya bisa memberi lebih dari gaji yang dia dapat berikut dengan bonus.

Inilah prinsip keras kepala hati yang lembut, lalu saya katakan bila dia menolak maka urusannya dilimpahkan kepada polisi dan Depnaker, lalu saya katakan bahwa saya sudah persiapkan uangnya dan silahkan dia hitung.

Saya lihat wajahnya mulai senyum dan saya berikan surat pengunduran diri berikut refrensi, surat kelakuan baik, dan surat ucapan terima kasih kepada pimpinan BCA dan kepada teman – teman, karena sudah diberi kesempatan berkarir dan mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang telah dia buat di BCA dan setelah ini dia akan melakukan usaha dengan bisnis sendiri, mohon doa restunya semoga sukses lalu dia tanda tangan, sekaligus pernyataan bahwa dia keluar bukan karena saya keluarkan tapi karena dia mengundurkan diri.

Referensi : www.tribunnews.com

0 Response to "Tips Mengeluarkan Karyawan Malah Mendapatkan Terima Kasih Dari Yang Dikeluarkan?"

Post a Comment