10 Tips Sederhana untuk Mempercepat Kenaikan Pangkat

Promosi kenaikan pangkat Persaingan dalam dunia kerja tidak hanya terjadi saat proses melamar pekerjaan saja. Bahkan ketika Anda sudah mendapatkan tempat di kantor, Anda masih harus bersaing dengan pegawai lainnya. Persaingan di tempat kerja ini dapat membawa Anda pada kenaikan pangkat, dan secara otomatis kenaikan ini akan diikuti dengan peningkatan pendapatan.

Sejujurnya tidak ada cara singkat dan praktis untuk menuju peningkatan posisi dalam dunia kerja. Hal ini membutuhkan proses, namun ada yang singkat dan ada pula yang tidak sebentar. Anda tentunya memperhatikan bahwa di lingkungan kerja Anda terkadang ada pegawai yang sudah bekerja cukup lama, namun belum kunjung mendapatkan promosi. Sebaliknya, ada pegawai yang baru beberapa tahun bekerja sudah mendapatkan kenaikan pangkat. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja menjadi pertimbangan utama dibandingkan jangka waktu bekerja. Karena itulah, Anda harus ingat bahwa kantor pada umumnya menginginkan pegawai yang dapat bekerja secara produktif dan efektif.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tidak ada cara yang praktis dan singkat untuk mendapatkan kenaikan pangkat atau posisi. Namun, kita bisa mencoba mendapatkan perhatian dari atasan dan rekan kerja agar mendapat rekomendasi kenaikan pangkat. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan play clean. Berikut ada beberapa tips yang disarikan dari berbagai sumber artikel dan buku mengenai peningkatan posisi dalam karir menggunakan cara yang “bersih”. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan karir Anda, artikel ini diambil dari laman imoney.co.id :

1.   Keep It Clean

Jika Anda mengikuti perkembangan bisnis internasional, Anda pasti akan bertemu dengan nama Jon M. Huntsman. Ia dan saudaranya adalah pendiri sebuah perusahaan besar bernama Huntsman Corporation. Dalam bukunya yang berjudul Winners Never Cheat, Huntsman menjelaskan bagaimana ia menjalankan bisnisnya dengan bersih. Buku yang sangat inspiratif ini menunjukan bahwa dengan bersaing secara sehat, seseorang akan tetap dapat mencapai tujuannya dalam pekerjaan. Oleh karena itu, keep it clean harus menjadi landasan berpikir Anda dalam menjalani persaingan di tempat kerja.

Jadilah profil yang netral dan bersih di tempat kerja. Dengan demikian, Anda pasti akan mendapat kesan dari rekan kerja lainnya sebagai pribadi yang profesional. Profesionalisme ini juga yang tentunya akan menambah poin pada penilaian kinerja Anda. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua kantor memiliki budaya kerja yang sehat, namun dengan bersaing secara sehat, Anda akan menjadi panutan yang dapat mempengaruhi rekan kerja lainnya, meskipun tanpa hasutan atau ajakan.

2.   Melakukan Lebih/Do More

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa pegawai atau karyawan dengan kemampuan multitasking sangat diharapkan oleh perusahaan mana pun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan lebih dari yang diminta. Melakukan lebih dari tugas Anda bukan berarti Anda harus melakukan pekerjaan orang lain, melainkan bagaimana Anda berinisiatif untuk memberikan hasil kerja yang lebih rapi dan sempurna. Dengan demikian, perusahaan Anda pasti akan berusaha untuk mempertahankan Anda, mungkin melalui pemberian bonus atau tentu saja, promosi. Cara ini juga akan memberikan pengaruh positif pada rekan kerja Anda yang lain. Sehingga jika Anda mendapatkan posisi yang lebih tinggi, rekan kerja Anda akan menghormati dan menghargai Anda sebagai atasan mereka.

3.   Menjauh dari Konflik

Konflik di tempat kerja memang terkadang tidak dapat dihindari. Namun, sebisa mungkin Anda menjauh dari sumber konflik internal. Konflik dengan rekan kerja atau atasan tidak hanya dapat mengganggu hubungan kerja di kantor, melainkan juga dapat menghambat kemajuan karir seseorang. Jika Anda melihat ada persaingan antar kelompok, maka ada baiknya Anda menjadi pihak yang netral. Untuk menjadi pihak netral, sebaiknya Anda menghindari pembicaraan-pembicaraan yang mengarah ke konflik tertentu. Hati-hati, obrolan santai di kantin terkadang juga bisa menjadi sumber konflik internal yang seharusnya tidak perlu terjadi.

4.   Menantang Diri Sendiri

Tidak ada salahnya untuk membuat tantangan pada diri sendiri. Selain target dari kantor, tidak ada salahnya Anda membuat target pribadi. Dengan demikian, atasan atau pengawas Anda akan melihat perkembangan kinerja Anda. Tidak menutup kemungkinan, nama Anda akan dimasukkan ke dalam daftar calon manajer atau pengawas terbaru.

5.   Menjadi Kreatif

Jika Anda mengejar posisi pemimpin dalam karir Anda, maka Anda harus berani untuk mengambangkan cara baru dalam bekerja. Sikap seperti ini dapat memberi keuntungan bagi pengembangan pengaruh Anda terhadap rekan kerja lainnya. Selain Anda dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif, Anda juga dapat mengajari rekan kerja yang lain. Dengan demikian, Anda telah menunjukan keberanian dan dedikasi terhadap kepentingan perusahaan.

6.   Mengajukan Aplikasi

Mengajukan aplikasi untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi juga dapat dilakukan untuk mendapatkan promosi jabatan. Meskipun terkesan mementingkan diri sendiri, namun jika Anda memang pekerja yang berdedikasi dan kompeten, tidak akan ada yang berpandangan negatif mengenai keputusan Anda ini. Sebaliknya, baik rekan kerja yang setingkat maupun atasan Anda akan memaklumi hal ini sebagai hak Anda sebagai orang yang sudah berkontribusi lebih.

7.   Meningkatkan Jenjang Pendidikan

Selain dedikasi, kreativitas, dan kerja keras, jenjang pendidikan juga bisa mengangkat Anda dari posisi Anda sekarang. Beberapa perusahaan memang tidak segan untuk memberikan beasiswa bagi karyawannya. Carilah informasi mengenai beasiswa bagi karyawan. Biasanya informasi seperti ini dapat Anda peroleh di bagian personalia. Saat ini banyak terdapat universitas yang menyediakan fasilitas perkuliahan akhir pekan atau jarak jauh.

Perusahaan mana pun pasti akan mempertimbangkan jenjang pendidikan untuk memberikan promosi atau kenaikan gaji pada karyawannya. Selain itu, kampus dapat menjadi tempat Anda bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Mungkin saja Anda akan memperoleh jaringan yang baik untuk mendukung pekerjaan Anda saat ini.

8.   Bantulah Rekan Anda

Semua orang di tempat kerja mereka umumnya menyadari bahwa seluruh karyawan di dalamnya bersaing untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Namun, mungkin belum banyak yang menyadari bahwa pada dasarnya semua karyawan di dalam sebuah instansi atau perusahaan merupakan satu kelompok kerja. Oleh karena itu, selain bersaing untuk menjadi yang terbaik, harus dikembangkan pula sikap saling mendukung. Jika rekan kerja Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaannya, cobalah untuk menawarkan bantuan. Kesempatan bagi Anda akan lebih mudah datang jika Anda memberi kesempatan pada orang lain untuk bersaing. Jangan pernah takut untuk mendukung atau membantu rekan kerja Anda, karena penilaian kinerja tidak hanya dilakukan secara individu melainkan juga secara kelompok. Jika kelompok kerja Anda memberikan performa kerja yang bagus, dan Anda menunjukan sikap kepemimpinan yang positif, maka perhatian atasan pasti akan menuju pada Anda.

9.   Jadilah Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri di tempat kerja dapat berpengaruh baik pada kinerja dan peningkatan karir Anda. Menjadi diri sendiri dan memainkan karakter Anda yang sesungguhnya akan memberikan rasa nyaman dalam bekerja. Jika Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, kinerja Anda pasti akan meningkat. Menjadi diri sendiri juga dapat menarik perhatian atasan dan rekan kerja lainnya, karena menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi yang unik dan profesional. Ingat, setiap orang pasti menginginkan pemimpin dengan karakter yang berbeda.

10.  Bangun Usaha Sendiri

Jika Anda ingin peningkatan posisi dari karyawan menjadi pemimpin, maka bangunlah usaha Anda sendiri. Sudah banyak cerita tentang karyawan yang akhirnya membuka usaha sendiri. Selain membantu pemerintah dalam hal penyediaan lapangan kerja, Anda juga membantu diri dan keluarga Anda untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Anda juga bisa lebih leluasa dalam membentuk iklim kerja yang Anda inginkan.

Tentu saja banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menjadi pemilik usaha, mulai dari kebebasan memilih bidang yang Anda minati, hingga kemampuan merekrut karyawan sendiri. Manfaat ini juga datang bersama dengan risiko, namun Anda akan merasakan kepuasan dalam bekerja karena akhirnya Anda menjadi bos bagi diri sendiri.

0 Response to "10 Tips Sederhana untuk Mempercepat Kenaikan Pangkat"

Post a Comment