Inilah Cara Donald Trump Mengatasi Hutang Sebesar 90 Trilliun Rupiah

Ketika Anda mendengar nama Donald Trump, maka yang terlintas di benak Anda mungkin adalah miliarder, stardom, dan tumpukan uang setinggi gunung. Memang, saat ini Trump telah menjadi simbol bagi setiap kemewahan. Mulai dari hotel pualam hingga lapangan golf jutaan dolar, hanya sedikit dari Trump yang mengisyaratkan tentang kebangkrutan. Namun di awal karirnya, seorang Donald Trump tidak jauh berbeda dari setiap entrepreneur yang berjuang untuk mempertahankan bisnis mereka. Bahkan, ia berkali-kali menghadapi kebangkrutan di depan mata sehingga kesuksesannya saat ini bisa dibilang sebagai sebuah legenda yang dramatis. Berdasarkan sebuah anekdot terkenal, suatu hari ketika ia memiliki hutang sebesar $1 miliar, Trump menunjuk seorang tunawisma ke putrinya dan berkata, “Lihat pengemis itu? Ia lebih kaya $1 miliar daripada ayahmu.” Maka tak salah jika kemudian The Guinness Book of Records mendaftarnya sebagai orang yang berhasil melakukan pembalikan finansial terbesar sepanjang sejarah.

“Sebagaimana dikutip dari laman studentpreneur.co , Di awal 90 an, saya berhutang milyaran dolar dan banyak orang berkata bahwa nasib saya sudah usai,” kata Trump. “Saya menolak untuk menyerah dan saya tidak pernah kehilangan kepercayaan terhadap diri saya sendiri. Saya tidak percaya bahwa nasib saya sudah usai meskipun surat kabar memberitakannya demikian. Menyerah tidak pernah ada di kamus saya.”

Dalam buku Trump 101: The Way to Success and How to get Rich, diungkapkan bahwa ia memiliki total hutang sebesar $9 miliar. Hampir mustahil untuk membayangkan bagaimana seseorang bisa memiliki hutang sebesar itu. Anda pun mungkin akan berpikir bahwa hutang sebesar ini berarti ia sedang dalam kondisi menderita. Namun rupanya hal itu tidak sepenuhnya benar bagi Trump.

donald trump Donald Trump Pernah Mengatasi Hutang Sebesar 90 Trilliun Rupiah studentpreneur entrepreneur startup

Di sebuah wawancara yang dirilis oleh Psychology Today, Trump menjelaskan bagaimana ia bisa bangkit dari hutang milyaran dolarnya itu. Katanya, “Ayah saya bersahabat dengan Dr. Norman Vincent Peale, dan saya telah membaca salah satu bukunya, The Power of Positive Thinking. Saya mempercayai kekuatan untuk bersikap positif. Dan saya pikir itulah yang membantu saya. Saya menolak untuk terseret ke dalam pemikiran negatif pada level manapun.”

Jadi, apa yang ia lakukan? Ia tidak menyerah dan ia tidak menghindari para bankir yang menagihnya. Dia bertekad untuk melunasi semuanya, dan mulai bekerja lebih keras lagi, dan singkat cerita, sekarang Trump jadi lebih kaya daripada sebelumnya.

Menghadapi hutang 9 milyar membutuhkan tekad yang besar. Jika pada satu titik Anda merasa Anda menghadapi masalah yang tak terselesaikan, maka ingatlah cerita Trump sebagai pegangan Anda. Jangan pernah menyerah untuk menemukan solusi. Jika seseorang mampu mengatasi hutang $9 miliar, maka setiap permasalahan yang kita hadapi pun pasti ada solusinya.

Hal ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi bisnis apapun.

0 Response to "Inilah Cara Donald Trump Mengatasi Hutang Sebesar 90 Trilliun Rupiah"

Post a Comment