Miliarder di Balik Percaturan Politik Dunia (2)

Harta dan kekuasaan adalah dua bagian yang sangat penting, khususnya bagi orang-orang yang mempunyai kepentingan tertentu. Politik tanpa uang pada zaman modern ini bisa diibaratkan makan sayuran tanpa garam maka rasanya akan hambar.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila dunia politik memiliki keterikatan dengan dunia bisnis. Hal itu tidak mengherankan, sebab dunia bisnis merupakan tempat perputaran uang, di mana uang merupakan kendaraan politik paling mujarab.

Biasanya partai politik memiliki rekanan bisnis yang menjadi aktor kuat di balik layar. Siapa sajakah? Pada artikel sebelumnya sudah dipaparkan 10 miliyader yang ikut campur mengenai dunia politik dinegaranyamasing-masing.

Berikut ini lanjutannya Miliarder di Balik Percaturan Politik (1), seperti dilansir dari laman okezone.com :

11. Peter Thiel
Dia menyumbang USD2,6 miliar untuk menyukseskan Ron Paul pada 2012. Thiel dikenal sangat fokus kepada upah minimum regional (UMR)

12. Mark Zuckerberg
Dia fokus kepada reformasi imigrasi di AS. Melalui organisasi FWD.us, dia mendesak dilakukan reformasi di sekolah do Newark, New Jersey.

13. Jeff dan Mackenzie Bezos
Jeff Bezos telah membeli Washington Post. Dia juga telah memberikan USD2,5 juta kepada referendum negara bagian Washington dengan tujuan mendukung pernikahan sesama jenis.

14. Pierre dan Pamela Omidyar
Omidyars mengkritik pengawasan yang dilakukan AS. Lembaganya fokus mencermati transparansi pemerintah, hak memiliki properti, dan pembangunan ekonomi.

15. Art Pope
Dia adalah direktur budget North Carolina. Dia sangat berperan dalam ekonomi di negara bagian tersebut.

16. Paul Singer
Anggota Partai Republik ini mendukung pernikahan sesama jenis. Dia pun membentuk komite bernama American Unity yang menyumbang USD2 juta agar legislator juga mendukung pernikahan sesama jenis ini.

17. Peter G Peterson
Peterson berjuang untuk mendesak dilakukan pengurangan utang pemerintah AS. Untuk itu, dia pun mendirikan lembaga Fix the Debt and the Comitte for a Responsible Federal Budget.

18. Marc Andreessen
Dia adalah pendukung kanidat presiden Mitt Romney pada 2012 lalu. Dia fokus dalam jurnalisme dalam bentuk online.

19. Donald Trump
Miliarder ini rutin menulis seputar isu politik dan selalu berhasil menggiring opini publik

20. Alice Walton
Salah satu pemilik Wal Mart ini adalah salah satu pendukung Hillary Clinton.



0 Response to "Miliarder di Balik Percaturan Politik Dunia (2)"

Post a Comment