Miliarder di Balik Percaturan Politik Dunia (1)

Lewat artikel ini anda bisa melihat bagaimana uang sangat berpengaruh dalam dunia perpolitikan disuatu Negara. Namun yang akan dibahas pada artikel ini hanyalah di amerika Serikat saja, karena kebanyakan miliyader dunia bersarang dinegara paman sam ini.

Pengaruh dari miliarder ini, didukung oleh peranya karena memiliki sumber dananya yang digunakan dalam kampanye, aktivitas dalam organisasi dan lembaga nonprofit, memiliki kantor untuk publik (sekretariat), pemilik media, juga sebagai pengambil kebijakan strategis.

Dunia politik dan bisnis memiliki hubungan yang rumit. Brookings Institute merilis daftar miliarder asal Amerika Serikat (AS) yang memiliki pengaruh di percaturan politik. Seperti dilansir dari okezone.com, berikut ini adalah daftar miliarder yang memiliki pengaruh cukup kuat di politik AS :

1. Charles dan David Koch
Koch bersaudara telah mendonasikan USD30 juta untuk mendukung calon legislatif Partai Demokrat. Nilai donasi ini dikabarkan akan meningkat menjadi USD290 miliar pada hari pemilihan. Mereka membiayai iklan Obama atas tindakan perawatan kesehatan.

2. Michael Bloomberg
Dia mendonasikan USD50 juta melawan NRA melalui Super PAC Independence USA. Dia juga mendirikan lembaga nonprofit Mayors Against Illegal Guns, Everytown for Gun Safety, dan Partnership for a New American Economy.

3. Tom Steyer
Steyer fokus di isu climate change, dan berusaha mendapatkan perhatian publik.

4. Sheldon Adelson
Adelson menghabiskan USD93 juta untuk mengalahkan Presiden Barack Obama pada tahun 2012. Dan dia berjanji untuk menghabiskan dana dua kali lebih besar pada pemilu berikutnya.

5. George Soros
Soros memberikan USD1 jura kepada Obama di 2012. Dia juga menjadi finance cochaor di "Ready for Hillay" super PAC.

6. Rupert Murdoch
Dia adalah pemilik Wall Street Journal dan Fox News, dua media utama di AS. Bersama Bloomberg, dia juga mendorong dilakukan reformasi imigrasi.

7. Bill dan Melinda Gates
Bill & Melinda Gates Foundation sangat berperan dalam reformasi pendidikan. Dia juga mengalokasikan USD100.000 untuk mendukung pernikahan sesama jenis di Washington.

8. John dan Laura Arnold
Arnolds telah memberikan dana sampai jutaan dolar AS kepada anggota parlemen untuk mengalihkan biaya pensiun kepada karyawan.

9. Penny Priztker
Pendukung Presiden Obama ini menjabat sebagai US Secretary of Commerce.

10. Warren Buffet
Buffett adalah pendukung fanatik Obama. Dia juga mendukung diberlakukannya pajak untuk orang-orang kaya di AS



0 Response to "Miliarder di Balik Percaturan Politik Dunia (1)"

Post a Comment