Tips Mempersiapkan Anggaran Kelahiran Menyambut Buah Hati

Memiliki momongan memang menjadi impian bagi setiap pasangan. Namun, kebahagiaan ini juga tidak dapat dinikmati dengan cuma-cuma. Selain waktu dan tenaga untuk merawat buah hati, dibutuhkan pula biaya untuk mencukupi kebutuhannya. Tidak ada jumlah pasti mengenai anggaran kelahiran yang diperlukan. Semuanya tergantung dari perawatan pra-persalinan dan pasca-persalinan yang Anda dan pasangan lakukan. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda membuat perencanaan, kami akan membagi artikel ini menjadi tiga sub judul. Tiap sub judul akan mewakili tiga momen penting dalam menyambut buah hati, yaitu pra-persalinan, saat persalinan, dan pasca-persalinan.

1. Pra-Persalinan

Biaya pasti

Pemeriksaan kehamilan meliputi pemeriksaan kesehatan ibu dan janin setiap tiga bulan, mulai dari USG hingga obat-obatan jika ditemukan kondisi khusus. Berikut coba kami jabarkan kebutuhan medis pada masa pra-persalinan.
Nama Kebutuhan Perkiraan Biaya Klinik(Rp) Perkiraan Biaya RS(Rp)
Tes kehamilanUSG Konsultasi kesehatan 17.500150.000 (4D) Gratis  -721.000 (4D) 259.800 (tes kehamilan, vitamin +USG non print)

Kami tidak dapat memberi total biaya keseluruhan karena ada tindakan yang harus dilakukan berkali-kali, ada juga yang hanya dilakukan sekali. Ada juga sebagian wanita yang tidak mau mengonsumsi vitamin dan obat-obatan selama kehamilan. Oleh karena itu, bagi mereka pemeriksaan rutin dengan bidan atau spesialis kandungan sudah dirasa cukup.

Biaya Tambahan

Kebutuhan tambahan saat kehamilan terkadang membuat para bunda lebih merasa overwhelmed dibandingkan dengan kebutuhan pokoknya. Kebutuhan tambahan ini ada yang berupa barang sekali beli seperti baju hamil, ada pula yang merupakan kegiatan rutin seperti yoga atau senam hamil. Kebutuhan tambahan ini memang tidak dapat dihindari saat hamil. Namun, satu hal yang harus dicatat adalah selalu membuat prioritas.

Pada semester akhir kehamilan, kebutuhan tambahan tidak lagi hanya bagi si ibu, melainkan juga bagi bayi. Kebutuhan ini antara lain; baju bayi, antiseptic, peralatan mandi, bahkan kamar baru buat si kecil. Persiapan ini dilakukan agar jika bayi sudah lahir, semua keperluan sudah siap untuk digunakan. Pada saat-saat seperti inilah, sering kali keluarga dan kawan akan memberikan paket perlengkapan bayi sebagai hadiah. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk tidak membeli perlengkapan bayi, terutama pakaian dan perlengkapan mandi, terlalu banyak. Selain boros, ditakutkan nanti akan ada barang yang tidak terpakai.

2. Saat Persalinan

Biaya persalinan saat ini makin beragam. Tidak hanya karena perbedaan kelas untuk kamar rumah sakit, melainkan juga karena metode persalinan yang juga beragam. Berikut akan kami jabarkan biaya persalinan dari situs Rumah Sakit Bersalin Asih sebagai gambaran awal mengenai biaya persalinan di rumah sakit.

RS Bersalin Asih memiliki kelas Super VIP (untuk satu orang) sebanyak lima kamar, dengan harga:
  • Ruang Rawat Inap Ibu Rp 975.000
  • Ruang Rawat Inap Bayi Rp 215.000
Perkiraan Biaya Persalinan untuk kelas Super VIP:
Rp 12.980.000 (untuk kelahiran normal – 3 hari perawatan)*
Rp 14.955.000 (Vacuuum Ext. sungsang, Forceps – 4 hari perawatan)*
Rp 27.615.000 (Sectio, Kitectomy, Myomectomy – 5 hari perawatan)*


RS Bersalin Asih memiliki kelas Suite Room/VVIP (untuk satu orang) sebanyak satu kamar, dengan harga:
  • Ruang Rawat Inap Ibu Rp 1.300.000
  • Ruang Rawat Inap Bayi Rp 215.000
Perkiraan Biaya Persalinan untuk kelas Suite Room/VVIP:
Rp 13.955.000 (untuk kelahiran normal – 3 hari perawatan)*
Rp 15.955.000 (Vacuuum Ext. sungsang, Forceps – 4 hari perawatan)*
Rp 29.495.000 (Sectio, Kitectomy, Myomectomy – 5 hari perawatan)*

*rincian harga di atas adalah perkiraan biaya, bukan harga pasti. Biaya tersebut belum termasuk bila terjadinya penyulit, penambahan obat-obatan, konsultasi dokter spesialis, dan biaya kamar observasi.

Jika Anda warga Jakarta atau daerah Anda memiliki fasilitas seperti KJS (Kartu Jakarta Sehat), bersalin di Puskesmas bisa menjadi pilihan karena dapat bersalin dengan gratis. Namun, jika Anda atau janin mengalami kondisi medis tertentu, persalinan di rumah sakit adalah pilihan yang paling aman.

Selain persalinan di rumah sakit, Anda juga dapat menggunakan jasa bidan. Tarif persalinan dengan jasa bidan memiliki tingkat harga yang beragam. Harga ini tergantung dari lokasi Anda tinggal. Tarif jasa bidan di pedesaan pastinya akan lebih murah daripada tarif jasa bidan di pusat kota. Selain bisa melahirkan di tempat praktiknya, ada juga bidan yang menawarkan jasa persalinan di rumah. Dengan demikian, bayi dapat lahir dalam suasana yang lebih nyaman. Untuk menggunakan jasa bidan, pastikan bahwa kehamilan Anda tidak mengalami gangguan. Jika kemudian ditemukan kendala saat persalinan, bidan pasti akan merujuk Anda ke rumah sakit.

Dalam membuat anggaran kelahiran, sangat disarankan untuk menanyakan pada kantor Anda atau suami mengenai penggantian biaya persalinan. Tanyakan pula ke pihak asuransi mengenai apa saja yang bisa dijamin dan apa yang tidak dapat dijamin. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghitung berapa rupiah yang harus disisihkan untuk dana darurat.

3. Pasca-Persalinan

Kebutuhan ibu dan bayi tidak berhenti sampai saat bayi dilahirkan. Bahkan, saat bayi sudah lahir pun masih dibutuhkan biaya. Di satu sisi ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mengenai rencana anggaran kelahiran bayi. Untuk itu, jawab dulu pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apakah bayi membutuhkan susu formula atau cukup dengan ASI saja?

Jika bayi hanya membutuhkan ASI, apakah ia akan minum dari botol atau langsung? Pertanyaan ini menentukan apakah ibu perlu membeli pompa ASI dan botol susu (dot). Tekstur karet di botol susu berbeda dengan tekstur puting. Hal ini menyebabkan bayi yang terbiasa minum dari botol akan menggigit saat minum langsung dari payudara ibu.

Apakah Anda membutuhkan jasa pengasuh?

Jika sang ibu adalah pekerja kantoran, kehadiran pengasuh sangat diperlukan. Namun, jika Anda atau istri Anda merupakan seorang ibu rumah tangga, sepertinya jasa pengasuh tidak terlalu dibutuhkan. Anda juga dapat meminta bantuan orangtua maupun mertua dalam mengasuh bayi.

Apakah Anda atau buah hati memiliki kondisi medis yang harus dirawat?

Buatlah daftar kebutuhan yang pasti Anda perlukan, dan yang mungkin Anda perlukan, seperti akte kelahiran, upacara selamatan, car seat, stroller, dan popok.
Jika semua pertanyaan pokok sudah terjawab, dan Anda masih memiliki dana lebih, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan program-program tambahan seperti spa bayi atau senam bayi.
Pada masa sukacita seperti kelahiran, orang tua biasanya akan hadir sebagai dewa penolong. Terkadang, jangan sungkan untuk memanfaatkan kebahagiaan orang tua Anda dalam memanjakan cucunya. Selama yang mereka lakukan masih wajar atau tidak berlebihan, maka terima saja.
Dengan penjabaran mengenai anggaran kelahiran, persalinan, sampai perawatan bayi di atas, Anda pasti sudah bisa membuat perhitungan sendiri. Jika diperkirakan Anda melahirkan normal dengan biaya Rp 12.980.00,00, dengan biaya konsultasi Rp 259.800 dikali 4, ditambah kebutuhan lainnya, maka keseluruhan total biaya untuk menyambut buah hati bisa jadi ± Rp 20.000.00,00. Angka ini tentunya akan berubah sesuai dengan gaya hidup Anda dan kebutuhan tambahan lainnya yang akan Anda beli.

Sumber : imoney.co.id

0 Response to "Tips Mempersiapkan Anggaran Kelahiran Menyambut Buah Hati"

Post a Comment