Inilah Rahasia Harga dari Satu Game Original yang Banyak Dicari orang

Tahukah anda bahwa harga game original yang anda beli itu terlalu mahal dari harga original yang sebenarnya. Ada beberapa pertimbangan-pertimbang lain yang bisa menambah biaya untuk membeli game yang anda sukai. Untuk itu anda perlu tahu pertimbangan lain itu apa saja.

Seperti dikutip dari jagatplay.com, Ternyata biaya jual game ori  tidak serta merta masuk ke dalam kantong publisher secara penuh. Harga game juga dipengaruhi oleh pembagian porsi keuntungan untuk masing-masing pihak yang berkepentingan, termasuk produsen konsol, retailer, maupun biaya lainnya termasuk pajak.

Percaya atau tidak, untuk setiap kopi game yang terjual, publisher hanya mendapatkan tidak lebih dari 40%. 60% harga game original berasal dari biaya "lainnya".
Percaya atau tidak, untuk setiap kopi game yang terjual, publisher sebenarnya hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 40% dari total harga jual. 60% lainnya disumbangkan oleh biaya lain-lain.

Perhitungannya, 20 persen dari harga jual ternyata berasal dari pajak yang berlaku. Selain itu, untuk bisa merilis game di konsol garapan Sony, Microsoft, atau Nintendo, ada royalti yang harus dibayarkan oleh publisher, yang biasanya berkisar 16 persen dari harga jual satu kopi game. Sisanya yang kurang lebih sekitar 26 persen jatuh ke tangan retailer yang tentu saja membangun pondasi usaha dari mendapatkan keuntungan.

Lantas, jika dikurangi dengan biaya “lain-lain”, berapa sebenarnya harga game original yang Anda beli jika dilihat dari sisi konten semata? Percaya atau tidak, hanya 40% saja! Pihak publisher mendapatkan sekitar 35 hingga 37 persen dari harga jual sebagai pencipta konten. Sementara biaya sekitar 4 persen dikeluarkan untuk biaya cetak, kemas, dan distribusi, untuk memastikan game-game ini tiba ke tangan gamer. Ini berarti, untuk sebuah game yang berharga USD 50, misalnya, harga pembuatan gamenya sebenarnya hanya USD 20 saja! Ekstra USD 30 Anda bayar untuk mengakomodir beragam biaya lainnya.

Jadi mengapa harga video game bisa tiba di titik harga saat ini dan terhitung mahal untuk kantong kita? Now you know..

Only 40%??!

Selalu menjadi sebuah misteri bagi gamer sebagai konsumen utama, mengapa harga video game original bisa terhitung sangat mahal? Berapa sebenarnya keuntungan yang didapatkan oleh publisher, setelah beberapa pernyataan yang sempat menyebutkan bahwa harga game saat ini masih terhitung “tidak sebanding” dengan biaya produksi yang mereka keluarkan? 

Di Indonesia sendiri, penjualan video game memang belum sebesar negara-negara maju. Meski gamer Tanah Air tergolong sangat banyak, baru sebagian dari mereka yang  telah beralih untuk menjadi ori user.


0 Response to "Inilah Rahasia Harga dari Satu Game Original yang Banyak Dicari orang"

Post a Comment