Sri Mulyani Masuk Daftar Wanita Pendobrak Ekonomi Dunia

Sri Mulyani Indrawati merupakan sosok wanita yang memberikan kobtribusi besar pada percaturan ekonomi dunia. Wanita ini memiliki bakat yang excellent dibidang keuangan, meskipun dulu sempat berhaenti sebagai menteri keuangan RI tapi kini kariernya semakin melejit di kanca internasional. Sri Mulyani ikut mendominasi keuangan global ia menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia,

Seperti dikutip dari liputan6.com, setelah menuntaskan tugasnya di Tanah Air, wanita berusia 51 tahun ini naik ke panggung internasional dengan memegang berbagai peranan senior di Bank Dunia. Saat bergabung pada 2010, dia langsung menjabat sebagai Direktur pelaksana dan Chief Operating Officer (COO) di lembaga keuangan internasional paling prestisius tersebut.

Lewat pekerjaannya di sana, Sri Mulyani berperan aktif menyediakan bantuan finansial bagi negara-negara yang memerlukan. Tugasnya berkenaan dengan tujuan utama Bank Dunia untuk mengurangi tingkat kemiskinan global.

Pengakuan terhadap kiprah Sri Mulyani tak hanya diberikan CNN. Majalah ekonomi ternama, Forbes juga pernah menobatkan mantan pejabat IMF ini sebagai satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Sri Mulyani berjajar bersama tokoh dunia seperti Hillary Clinton, Angela Merkel, dan Melinda Gates yang merupakan istri pemilik raksasa bisnis Microsoft, Bill Gates

Sri Mulyani bukan satu-satunya wanita yang menunjukkan kehebatannya di panggung keuangan dunia. Tengok saja, Inga Beale, wanita pertama yang terpilih sebagai CEO pasar asuransi tertua di dunia Lloyd's of London.

Untuk pertama kalinya setelah 325 tahun berdiri, seorang wanita berhasil memegang peranan paling penting di lembaga tersebut. Wanita lain yang sukses menunjukkan ketangguhannya adalah Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde.

Pada 2007, dia menjadi wanita pertama di Prancis yang terpilih sebagai menteri keuangan, ekonomi dan perdagangan. Berkaca dari pengalaman hebatnya, dia pun diangkat ke posisi teratas di IMF pada Juni 2011.

Pengalaman di dunia bisnis dan keuangan juga mengantarkan Janet Yellen sebagai wanita hebat di bidangnya. Jika terpilih Januari mendatang, Yellen akan menjadi wanita pertama yang memimpin roda kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed).

Terakhir, karir yang mengesankan saat bertugas sebagai menteri keuangan Nigeria juga menggiring Ngozi Okonjo-Iweala menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di negaranya. Berbekal pengalaman 21 tahun bekerja sebagai ekonom di Bank Dunia membuat karir lulusan Harvard ini melejit di dunia keuangan.



0 Response to "Sri Mulyani Masuk Daftar Wanita Pendobrak Ekonomi Dunia"

Post a Comment