7 Hal yang Didambakan Anak Buah dari Atasan

Menemukan atasan idaman di tengah situasi kerja yang kian rumit tampak semakin tak mudah. Banyak pegawai merasa sangat lelah menghadapi berbagai situasi yang serba tak pasti dan penuh perubahan di tempat kerja.

Para pegawai selalu ingin bekerja dengan percaya diri dan senantiasa merasa dihargai atas pekerjaannya. Tentu saja itu semua akan sulit terwujud tanpa bantuan atasan di kantor.

Sayangnya, banyak atasan yang lupa bahwa kepemimpinan di kantor lebih tentang bagaimana dirinya membuat para pegawai merasa nyaman bekerja dan menjadi sumber motivasi bagi yang lain. Berikut tujuh hal yang didambakan pegawai dari sosok atasan di kantor seperti dikutip dari liputan6.com :

1. Tugas yang spesifik

Para pegawai mengharapkan atasannya menyediakan arahan spesifik dan menghindari pemberian tugas yang bertele-tele. Para atasan diminta untuk memperhatikan cara pemberian tugas atau arahan agar lebih terperinci dan mudah dipahami para bawahan.

2. Motivasi

Mayoritas pegawai tentu ingin bekerja dengan baik tanpa banyak melakukan kesalahan. Itulah mengapa banyak pegawai yang berharap para atasannya dapat memberikan motivasi dalam mengambil keputusan dan belajar dari kesalahannya.

Para pegawai mengharapkan atasan yang bersikap bijak dalam menyeselaikan masalah dan membantunya menjadi lebih mandiir dan produktif.

3. Terbuka

Memiliki atasan yang terbuka merupakan salah satu impian para pegawai. Banyak karyawan menghargai dan menghormati atasan yang memaklumi kelemahan sambil tetap mendorongnya untuk lebih maju.

Para pemimpin yang terbuka akan senantiasa berusaha memahami anak buahnya, sabar dan menunjukkan empati yang besar. Dalam mengambil keputusan atau memberikan tugas, atasan yang baik selalu memposisikan dirinya sebagai pegawai.

4. Kejujuran

Banyak atasan yang tidak jujur dalam berbagai hal. Padahal para pegawai mendambakan sosok yang transparan, dapat dipercaya dan terbuka serta memimpin dengan kebaikan hati.

5. Mampu Bekerjasama

Akuntabilitas para atasan juga menjadi tuntutan para pegawai. Mendelegasikan terlalu banyak tugas dan membebankan hampir seluruh pekerjaan pada anak buah hanya akan membuatnya tidak betah.

Para atasan yang mampu bekerjasama dan selalu melindungi reputasi pegawai dengan mendorongnya rajin bekerja merupakan sosok yang dihormati dan dikagumi. Saat pimpinan di kantor berusaha melindungi para pegawainya, sang anak buah juga akan melakukan hal yang sama pada atasan.

6. Menghargai pegawai

Ada perbedaan yang besar antara mengenal dan menghargai. Banyak atasan yang hanya sekadar mengenal karyawan tapi tidak menghargai kerja kerasnya di kantor.

Atasan yang juga menghargai kerja para pegawai tak akan pernah dilupakan dan akan selalu dikenang.

7. Menjadi diri sendiri

Sulit rasanya menemukan sosok pemimpin yang berani tampil apa adanya di hadapan para karyawan. Kini banyak pemimpin yang bermuka dua dan enggan menunjukkan sikap aslinya. Para karyawan mengharapkan pimpinan yang konsisten dan tak suka berpura-pura.


0 Response to "7 Hal yang Didambakan Anak Buah dari Atasan"

Post a Comment