Inilah 7 Cara Gampang Memperoleh Modal Usaha

Kalau selama ini di kolom ini kita hanya membahas tentang keuangan dan perencana keuangan, maka kali ini, sekali-kali kita akan bahas tentang usaha tapi masih berhubungan dengan keuangan.

Ketika berpikir untuk memuat sebuah usaha, perlu dipertimbangkan ide usaha, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja, serta yang paling penting untuk dipikirkan adalah ketersediaan modal usaha beserta sumbernya. Modal bagaikan fondasi awal sebuah usaha yang akan dibangun.

Tetapi perlu diingat modal usaha bukan hanya sekedar uang atau aset, tetapi juga bisa dalam wujud pengetahuan terhadap usaha tersebut, pengalaman, keberanian, serta networking. Namun dari beberapa modal yang disebutkan di atas, kebanyakan calon pengusaha menemui kendala besar dalam mendapatkan modal berupa uang atau aset.

Oleh karena itu, pertanyaan yang paling sering diajukan ke saya adalah bagaimana cara memperoleh modal usaha untuk Anda yang hendak memulai bisnis skala mikro, kecil maupun menengah.

Banyak orang yang langsung berfikiran untuk meminjam modal usaha ke Bank. Sayangnya, justru kebanyakan bank tidak akan memberikan pinjaman modal usaha, apabila usaha Anda baru mulai alias dari nol.

Yang mungkin bisa Anda lakukan adalah meminjam ke bank akan tetapi atas nama pribadi, sehingga jatuhnya adalah pinjaman pribadi dengan bunga yang tinggi apabila dibandingka pinjaman usaha.

Berikut ini adala beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan dana usaha, ada beberapa jenis sumber yang dapat anda gunakan dan untuk tulisan kali ini kita akan bahas 3 di antaranya terlebih dahulu:

1. Dana sendiri
Anda dapat memperoleh modal usaha dengan menggunakan dana Anda sendiri. Misalnya dengan menggunakan dana simpanan yang sudah Anda tabung selama ini. Jika belum cukup, maka Anda juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian aset berharga yang Anda miliki saat ini misalnya Logam Mulia atau perhiasan.

Tidak ada salahnya sedikit berkorban untuk kesuksesan bisnis, anggap saja Anda sedang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar setelah usaha Anda berhasil berjalan nanti. Ingat, berusaha juga masuk kategori berinvestasi, yaitu Anda menginvestasikan dana Anda pada usaha Anda sendiri.

2. Mencari Dana Hibah Perusahaan
Modal juga dapat diperoleh dari dana hibah perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun swasta. Saat ini perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat umum dengan menyalurkan dana modal usaha melalui Divisi CSR (Corporate Social Responsibility).

Untuk teknis penyaluran dana biasanya dalam bentuk event competition. Oleh karena itu, event tersebut merupakan peluang bagi para calon pengusaha untuk mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha Anda.

3. Menjalin kerjasama
Jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki minat yang sama dan hendak menjadikan hal tersebut sebagai bisnis, cara ini dapat dijadikan pilihan. Rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal, atau bisa jadi membantu juga dapat operasional bisnis sehari-hari.

Anda juga harus menyepakati hal-hal seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu di kemudian hari.

Istilahnya adalah bicara pahit pahit dulu didepan, jangan hanya bicara yang manis saja.

Dalam tulisan berikutnya akan dibahas 4 sumber lain bagaimana cara mendapatkan dana untuk memulai usaha Anda.

Sumber : detik.com


1 Response to "Inilah 7 Cara Gampang Memperoleh Modal Usaha"